Sabtu, 20 Oktober 2012

Tips Belajar Bahasa Asing (Secara Otodidak)

Ada  beberapa tips belajar bahasa asing secara otodidak, kamu bisa mencobanya setahap demi setahap:
1. Pronunciation / pengucapan huruf per huruf atau kata per kata
Tanpa orang sadari, yg paling penting dari belajar bahasa asing secara aktif adalah pronunciation alias pengucapan. Karena akan sangat ‘lucu’ sekali, atau bahkan ‘kurang ajar’ sekali kalo kita menggunakan bahasanya bangsa lain dengan pengucapan yg salah (kita juga ga mau kan, orang asing salah mengucapkan kata dalam bahasa Indonesia?). Plus, dalam beberapa bahasa (di luar bahasa latin seperti bahasa Inggris, Mandarin, ato Jerman), pengucapan menentukan arti. Sadarilah bahwa dalam bahasa Inggris pengucapan kata ‘three’ (tiga) dan ‘tree’ (pohon) amat sangatlah jauh berbeda, dan orang native speaker bisa salah paham kalo kita nggak mengucapkannya dengan benar. Nah, dalam pembelajaran otodidak sering kali kita kesulitan menemukan native speaker ato seseorang yg sudah ahli yg bisa memberi tahu kita pronunciation yg baik dan benar. Memang dalam buku belajar bahasa maupun kamus tercantum cara baca yg baik dan benar, tapi sering kali kita masih merasa kesulitan. Nah, teknologi bisa membantu kita di sini:
  • belilah buku belajar bahasa yg memberikan bonus CD (compact disc) yg memuat cara pengucapan untuk didengarkan (biasanya sudah umum dijual di toko2 buku)
  • ato download saja audio-nya dari situs2 belajar bahasa resmi yg sudah banyak nongol di dunia maya
  • ato bisa juga mencari video-nya di YouTube. Personally, cara yg aku lakukan adalah men-download video2 lagu berbahasa asing yg ingin aku pelajari yg memuat lirik2 lagunya. Jadi selagi si penyanyi mengucapkan lirik per lirik, aku bisa mengikuti cara bacanya yg baik dan benar
  • jangan lupa untuk mempraktekkan sendiri semua pengucapan yg sudah dipelajari, praktek pengucapan bisa dengan membaca (dengan disuarakan, bukan dalam hati) artikel/semua bacaan dalam bahasa asing yg dipelajari. Kalo kesulitan mendapatkan materinya, ambil saja dari situs2 koran ato news online dari internet, lirik lagu, dll.
2. Grammar / tata bahasa
Grammar atau tata bahasa tentu penting dalam mempelajari bahasa apapun itu (bahkan bahasa ibu sendiri, hehe…itulah kenapa ada pelajaran bahasa Indonesia di sekolah2).
  • Maka belilah buku belajar bahasa yg benar-benar valid yg memuat tata bahasa yg benar, sebelum membeli sebaiknya berkonsultasi dulu dengan orang2 yg sudah bisa berbahasa asing tersebut ato cari infonya lewat internet
  • bisa juga mencari atau men-download materinya dari situs belajar bahasa yg resmi di dunia maya.
  • pelajari tata bahasanya dari hal2 yg paling kecil (kata ganti orang, predikat/kata kerja dan perubahannya untuk setiap subyek dan tense) sampai ke hal2 yg paling kompleks (tatanan kalimat tingkat tinggi seperti bentuk2 perfect). Mempelajari secara acak bisa bikin bingung dan melelahkan.
3. Listening / pendengaran
Koleksilah semua audio dan/ato video berbahasa asing sebanyak mungkin: lagu2, film2, video2 klip lagu untuk melatih pendengaran kita. Semakin sering mendengarkan, telinga kita semakin terlatih.

4. Latihan
Jangan lupa untuk terus berlatih, dalam hal ini adalah latihan grammar. Berlatih bisa membuat kita cepat mengingat tata bahasa yg dipelajari karena menurut aku pribadi, hampir semua bahasa asing punya tata bahasa yg jauh berbeda dan jauh lebih sulit dari bahasa Indonesia. Hampir semua punya tenses (kecuali bahasa Mandarin) dan perbedaan bentuk kata kerja untuk setiap subyeknya. Jadi dengan berlatih, kita akan terbiasa dengan semua perubahan tatanan kata yg ada. Biasanya di buku2 ato situs2 belajar bahasa sudah ada latihan2 soalnya. Kalo pun pengen latihan ‘lebih’, bisa dengan cara mencoba menerjemahkan teks dengan modal tata bahasa yg sudah dipelajari dan kamus tentunya. Ingat: ‘kehadiran’ kamus sangat penting untuk mempelajari bahasa asing. Walo cuma sanggup beli kamus saku yg entri-nya terbatas (karena kamus yg lengkap emang mahal), at least kita sudah punya dasar pembelajaran kata terlebih dahulu. Kalo kamusnya ga lengkap, cari arti katanya di internet. Sekarang banyak kok situs penyedia arti kata di dunia maya.